Wednesday, May 02, 2007

Jakarta - Batam

Wawawawa... musim liburan emang belom dateng, tapi semangat liburan dan bersenang-senang mengalahkan segalanya...hehehe. Enaknya liburan kemana ya?. Hmmm...backpacker-an ke singapore kayanya seru juga nih. Berhubung judul acaranya adalah budget holiday, jadinya kita ke singapore nya lewat batam aja yah... Untungnya neng dintje jadi juga liburan... kebayang aja kalo gue pergi liburan sendiri dan nggak jelas juntrungannya... Hmmm...

Sebelumnya, gue ama neng dintje melakukan beberapa kali technical meeting langsung maupun off-air. Ya intinya sih ngomongin dan ngerencanain liburan kita nanti kaya gimana. Hal-hal yang harus disiapkan dari rumah antara lain :

1.Tiket pesawat
Hmm... gue cuma siapin print-print-an tiket air asia Jakarta-Batam PP yang dibeli bulan januari kemaren. Wajib banget nyediain tiket Pulang-Pergi soalnya kalo nggak beli langsung takut duitnya keburu kepake buat belanja...hehehe.
2.Passport
Masa berlaku passport minimum 6 bulan. Sip.
3.Identitas diri alias KTP
Bagusnya sih bawa KTP asli. Hiks... KTP gue nggak tau kemana, tapi untung masih nemu potokopiannya. Rada nekad juga cuma bawa potokopian KTP aja, tapi sudahlah...
4.Koper
1 buah doang cukup banget kok buat pakaian seminggu. Kopernya kalo perlu pake velg racing, biar tokcer jalannya.
5.Tas Backpack
Walaupun backpack gue kecil, ya setidaknya gue nggak palsu palsu banget lah kadar ke-backpackeran-nya, soalnya gue masih bawa backpack...hehehe. Di dalam backpack ini nggak lupa gue bawa payung dan air mineral.
6.Duit cash 500 rb buat bayar fiskal
7.Duit cash buat akomodasi
Bawa dollar singapore dari Indonesia aja. Gak ada salahnya bawa rupiah juga atau dollar amerika. Kurs di indonesia dan singapore bisa beda lho... walaupun bedanya nggak gede-gede banget, tapi mayan lah... (kurs ; 1 S$ = Rp.6030,- dan 1 RM = Rp.2.660,-)
8.Travel book
Karena gue kaga punya buku lonely planet, ya akhirnya bawa print-print-an peta dan informasi tempat tujuan.

Gue berangkat dari Jakarta naek pesawat sore dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Jam 14.30 gue masih di tol bandara, padahal di tiket gue tertulis departure time jam 15.30. Hujan gerimis nanggung gitu deh...jadinya rada-rada macet nggak jelas. Sekitar jam 14.50 gue sampe juga di bandara. Oh no! pas sampe di pintu masuk bandara ternyata ada serombongan bapak-bapak dan ibu-ibu gitu... Kayaknya mereka satu RT mau bedol desa deh... rame dan rusuh tak karuan. Ada sekitar 10 menit baru akhirnya gue bisa masuk ke dalam bandara, cek bagasi trus gue langsung berlari menuju loket check-in air asia. Syukur deh gue masih diterima check-in karena ternyata pesawatnya delay, boardingnya jadi jam 15.35. Cihuy gue selamet!

gue menuju ke boarding room dengan nyantai
padahal tadinya was-was banget ketinggalan pesawat


di dalam boarding room ternyata udah rame
lho...kok jadi sepi yah? orang-orang pada kemana?

Akhirnya pesawat berangkat jam 16.05, cuaca di atas sangat baik dan terang bermatahari. Padahal sih sebelumnya gerimis dan rada-rada mendung gitu di Jakarta. Sekitar 75 menit pesawat akhirnya mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam. Bandara ini sepi dan biasa aja. Nggak ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Batam. Hmmm...ngambil bagasinya lumayan cepet juga karena ternyata koper gue keluar duluan.

Setelah sampe di Bandara Hang Nadim, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah naek taxi. Kecuali kalo dijemput sih enak-enak aja. Gue udah dijemput di depan ama si janto (adiknya uli). Langsung aja kita ke kost-an uli naek motor. Kost-an nya uli ada di daerah bolai deket lubuk baja. Perjalanan lumayan lama juga sekitar 30 menit. Kalo naik taxi dari Bandara Hang Nadim, tarifnya 70rb, Itu udah harga paten deh.

Malemnya gue sempet jalan-jalan di Kota Batam. Nggak ada yang spesial dan menarik banget di Kota Batam, kecuali bagi yang seneng belanja-belanji. Oia di Batam jarang banget ada angkot, so... taxi jadi kendaraan umum yang populer disini. Taxi nya juga ada 2 (dua) jenis, yaitu taxi biasa dan taxi langsung. Taxi langsung tuh taxi yang langsung mengantar kita ke tempat tujuan. Nah, kalo taxi biasa itu pake acara narik penumpang lain di jalan (kaya angkot gitu deh). Trus yang 'disebut' taxi itu bukan cuma mobil yang ada tulisan TAXI nya ajah, tapi segala jenis mobil pun bisa berubah jadi 'TAXI'... ya semacem taxi liar gitu...

Gue ketemu Pretty & friends di Nagoya (mal yang lumayan terkenal di Batam). Jauh-jauh ke Batam eh kita makannya di solaria juga... dasar... Dari Bolai ke Nagoya naek taxi biasa cuma 3.000 sekali jalan, kaya angkot aja kan?.

1. Jakarta - Batam << YOU ARE HERE
2. Nyebrang Ferry Batam - Singapore
3. Day 01 - Singapore Express
4. Singapore - KL by Bus via Johor
5. Day 02 - Selamat Datang ke Dunia Percutian
6. Day 03 - Jelajah Petronas : Sky Bridge &
Petrosains

7. Day 04 - Trip to Putrajaya
8. KL - Singapore by Bus (non-stop)
9. Day 05 - Energi Lima Haiwan
10. Day 06 - Bugis, China Town, Little India & Marina Fiesta
11. Day 07 - Bye Bye Bye

1 comment:

Wong Jowo said...

I did this in 1999, will never do it again. Batam (no offense) is so darn boring, nothing to do, nothing to see. I'm not sure if it's any different now.