Thursday, May 03, 2007

Singapore - KL by Bus (via Johor)

Ada beberapa cara ke Kuala Lumpur (KL) dari Singapore. Kalo nggak mau repot ya langsung naek pesawat aja. Kalo lewat darat bisa naik kereta api (harga tiket sekitar RM 38), atau pake bis. Kalo naek kereta api bisa sampe 7 jam-an, dan kalo naek bis sekitar 5 jam udah sampe di KL. Pake bis pun ada dua cara; cara pertama yaitu naik bus langsung dari singapore ke KL (harga tiket sekitar S$ 25), dan cara yang kedua naik bus ke Johor Bahru dulu trus di Johor Bahru ganti bis yang ke arah KL. Kita memilih jalur darat pake bis dengan cara kedua.

Hari kedua kita berencana ke KL pake bus, tapi mampir bentar ke Johor Bahru dulu. Rencananya sih pagi-pagi sekitar jam 6-an kita udah mulai bergerilya. Tapi ternyata cuaca masih belum membaik sejak semalem. Masih hujan gerimis gitu deh. Masalahnya kita bawa-bawa koper, jadi agak susah aja takut si koper keujanan. Sekitar jam 7-an hujan udah sedikit mereda. Akhirnya sekitar jam 8 kita ke stasiun MRT Redhill, sekalian isi ulang EZ-link card. Oia stasiun MRT Redhill ini letaknya di atas (nggak underground kayak stasiun MRT lainnya). Dari Redhill (EW18) kita naik MRT ke Bugis (EW12). Dari map yang kita bawa, Singapore - Johor Express Terminal terletak di deket Arab Street dan Queen Street. So...kita jalan kaki dari Bugis MRT Station ke terminal bis. Tujuan kita adalah 'Stesen Bas Larkin' di Johor Bahru.












pagi-pagi
ujan-ujan di stasiun MRT Redhill
terminal
bus Singapore - Johor



Di terminal bis sebenernya ada dua pilihan, mau naik bis Malaysia atau bis Singapore. Kalo naek bis Singapore, kita bisa pake SBS Transit No.140 atau 150 (eh bener nggak yah nomornya? pokoknya cuma satu jenis bis SBS nya kok). Kalo naek bis Malaysia, kita bisa naek bis kuning 'Causeway Link'. Ongkosnya sama-sama S$ 2,4. Cuma bedanya kalo pake SBS Transit kita bisa make EZ-link card.














suasana
di dalam bis Causeway Link jurusan Singapore (Queen St) - Johor (Larkin)




Sekitar jam stengah 10 lewat, bis berangkat dari Singapore - Johor Express terminal dan langsung masuk tol ke arah Woodlands. Di Woodlands Check Point, bis berhenti dan kita masuk ke imigrasi Singapore buat cap paspor. Setelah selesai di keimigrasian Singapore, kita naik bis lagi untuk melewati jembatan penyebrangan ke arah Johor. Karena kita nyantai-nyantai aja, kita ketinggalan bis yang tadi kita naikin. Hmmm... untungnya sobekan tiket bis masihtersimpan dengan baik, akhirnya kita naik bis kuning yang lainnya untuk nyebrang ke Johor.

Baru sebentar naik bis, kita turun lagi di keimigrasian Malaysia. Suasananya udah agak beda dengan keimigrasian Singapore, lebih nyantai. Disini kebanyakan orang melayu dan mirip-mirip sama situasi di Jakarta. Duh!!!.

Selesai dari keimigrasian Malaysia, ternyata kita ketinggalan bis lagi!!!. Buset deh orang-orang disini geraknya super cepet banget!!. Akhirnya untuk melanjutkan perjalanan ke Larkin Bus Station, kita naek bus kuning yang berbeda (masih tetep nggak bayar karena pake karcis yang sebelumnya).

Akhirnya sampe juga di Larkin Bus Station - Johor Bahru. Suasana di Larkin bener-bener terminal banget deh. Kayak di Leuwipanjang gitu, banyak bis yang parkir dan banyak juga calo nya. Dari sini kalo mau langsung ke KL banyak banget pilihan bisnya. Sebagai patokan sih katanya harga bis dari Larkin ke KL sekitar 24 ringgit (kelas ekonomi). Walaupun kelas ekonomi, tapi udah ber-AC dan pake recleaning seat. Kalo mau bis dengan personal entertainment system, harganya lebih mahal lagi.

Hmmm... karena kita nggak langsung ke KL, jadinya kita mikir-mikir dulu nih... abis ini mau mampir dulu ke Skudai, naek apa yah?. Setelah tanya ke petugas, kita disaranin naik bis nomor 777 di platform 26-28 (katanya sih lewat skudai).

Akhirnya kita naek bis dari platform 26, bis jurusan ke Selang apa Senai gitu (gue lupa), dan nomornya bukan 777 tapi 888. Pas masuk bis, bingung bayar berapa, akhirnya gue kasih 4 ringgit buat berdua, si supir bis nya nggak komen ya gue cuek aja. Bis nya warnanya kuning juga (causeway link). Di dalem bis ternyata banyak sampah plastik bertebaran, beda banget dengan bis-bis di Singapore. Setelah melanglang entah kemana, kita akhirnya diturunin di daerah Skudai di depan pom bensin Shell. Nah loh... dimanakah kita berada saat ini?. Setelah nanya ke orang-orang, ternyata tempat tujuan kita masih jauh...oh no!!. Daripada nggak jelas nyasar, ya udah deh kita memutuskan untuk langsung ke KL aja.










nyasar
di skudai




Setelah beli minuman dan roti bilis di seven eleven, akhirnya kita memutuskan untuk beli tiket di agen bis yang berjejeran di sepanjang jalan.










hmmm...
naek bis apaan yah?



Gue nanya di agen bis 'Konsortium Bas Express', ternyata bis nya udah pada penuh, adanya cuma yang jam 12, udah gitu harganya 30 ringgit (padahal mestinya 24 ringgit). Waks...lama banget kalo nungguin jam 12...keburu mateng di skudai deh gue. Akhirnya kita ke agen bus yang dijagain sama orang india. Kita dapet tiket bis jam 11 tujuan "Hentian PUDURAYA" (Kuala Lumpur), dengan harga 27 ringgit... hiks ditipu 3 ringgit nih. (Note : Hentian = Terminal)














suasana
di dalem bis 'mayang sari'




Bo...bis kita namanya MAYANG SARI lho... Sepanjang perjalanan cuma berhenti satu kali. Akhirnya kita sampe juga di KL sekitar jam 3-an (4-5 jam perjalanan). Menara KL udah keliatan, pertanda bahwa sebentar lagi kita bakalan turun. Tapi kok macet banget yah? Sekitar 15 menitan bis nggak bergerak sama sekali. Ya udah deh kita memutuskan untuk turun keluar dan jalan kaki. Ya ampyunnn panasnya tolonggg....











ternyata
payung gue mengalami cedera lutut, jadi nggak bisa dipake deh...






Oohh... jadi sebab musababnya bis macet adalah karena bis lagi ngantri buat masuk ke terminal. Ampyun deh kalo tau dari tadi mah kita udah turun dari bis. Ternyata tuh sebenernya kita udah sampe, cuma jalan seumprit trus langsung keliatan hentian Puduraya nya.


Di hentian PUDURAYA, tepatnya di jembatan penghubung ke hentian puduraya, kita udah ditungguin sama niki. Wah, asik nih nambah satu lagi member backpacker palsu nya. Tapi niki nggak palsu palsu banget lah kadar ke-backpacker-an nya. Liat aja backpacknya maknyoss... nggak kayak backpack kita yang kayak orang mau piknik.











our
backpacks and niki's





1. Jakarta - Batam
2. Nyebrang Ferry Batam - Singapore
3. Day 01 - Singapore Express
4. Singapore - KL by Bus via Johor << YOU ARE HERE
5. Day 02 - Selamat Datang ke Dunia Percutian
6. Day 03 - Jelajah Petronas : Sky Bridge & Petrosains
7. Day 04 - Trip to Putrajaya
8. KL - Singapore by Bus (non-stop)
9. Day 05 - Energi Lima Haiwan
10. Day 06 - Bugis, China Town, Little India & Marina Fiesta
11. Day 07 - Bye Bye Bye

No comments: