Thursday, September 25, 2008

Hop-On Hop-Off around KL

Kuala Lumpur sebenernya kota yang nggak gede-gede amat. Seharian cukup kok kalo mau keliling-keliling di pusat kotanya. Apalagi ada sarana bis turis ‘KL Hop On Hop Off’, tiketnya sekitar RM 36 (sekitar 100rb). Dengan membeli tiket bis, kita bisa naik bis tsb seharian penuh, bebas turun dimana aja dan naik dimana aja (1 day ticket pass).


Brosur My-Hop-On-Hop-Off

Adapun rute dari bis hop-on hop-off ini umumnya ke tempat-tempat 'tourist attraction', kaya KLCC (petronas), menara KL, taman tasik perdana, taman titiwangsa, eye on malaysia, dataran merdeka, dll.


Rute Bis My-Hop-On-Hop-Off

As a budget traveller, gue punya cara yang lebih smart untuk keliling KL dengan budget yang minim. Hanya bermodal RM 2 (sekitar 6rb), gue bisa keliling-keliling KL. Caranya adalah dengan membeli tiket bis Rapid KL jurusan ‘BANDAR’ seharga RM 2 (tiket bertuliskan BANDAR berarti bisa digunakan buat bis dengan kode’B’).


Tiket bis BANDAR

Jadi, rapid KL ngeluarin tiket yang berguna sebagai daily pass. Artinya, dengan bermodal satu tiket, kita bisa naik-turun bis sesuka hati sepanjang hari. Pokoknya sesuai yang tertera di tiket lah… Kalo BANDAR berarti buat bis yang rutenya ‘B’, trus kalo UTAMA berart buat bis yang rutenya ‘T’ (trunk).


Daftar rute bis & harga tiket bis Rapid KL


Daftar bis yang berute’B’ / BANDAR

Modal lainnya untuk berwisata irit adalah PETA. Peta bisa didapatkan di Bandara maupun di Mall. Atau ke kedai Malaysian Tourism Authority yang ada di Jln. Ampang dan Jalan Chow Kit (deket Chinatown).


KL Map, didapat di Suria KLCC Mall

Buat newbie... coba deh cari majalah kaya gini di airport atau di booth nya tourism malaysia. Berguna banget loh. Isi buku ini cukup detail juga.


KL Guide, didapat di Bandara LCCT

No comments: