Wednesday, September 24, 2008

Ke Singapore (cuma numpang lewat doang)

Bagi budget traveller kaya gue ini, sampai saat ini Batam masih menjadi primadona buat keluar dari NKRI. Kecuali kalo kebijakan fiskal busuk itu udah dihapus, gue pasti minggatnya dari Bandara Soekarno-Hatta.

Setelah sukses naik ojek (nggak ujan dan nggak becek loh) menuju Harbour Bay, akhirnya gue merapat juga di Harbour Front (Singapore). Wow... ternyata rame juga yah di imigrasinya, antriannya panjang juga. Maklum deh hari Jumat menjelang weekend gini banyak yang eksodus ke Singapore. Damn, gue kena jaring (lagi) di imigrasi Singapore. Makanya nih gue kasih tips deh buat yang belom punya paspor dan mau bikin paspor, kalo bisa pas lagi foto paspor tuh pasang 'tampang default'. Kaya gue gini jadi sedikit ribet... dasar...

Di Singapore, gue cuma numpang solat ama makan dan sedikit jalan-jalan sambil nungguin malem. Sebelumnya nitip koper dulu di salah satu hostel yang ada di Dunlop Street deket little india. Di daerah ini banyak penginepan-penginepan murah (backpacker style) yang harganya sekitar 10 SGD.


Penginepan Murah di Dunlop Street


Mesjid di Singapore


Chinatown


Keluar dari MRT Chinatown

Setelah agak malem akhirnya gue bergerak menuju ke Johor Bahru pake bis no. 170. Pas sorenya ketika nangkring di halte bis depan stasiun MRT (little india apa farrer park?), gue liat kalo bis no.170 lewat di halte tsb. Yaudin akhirnya gue nungguin bis tsb lewat, ongkosnya sekitar SGD 1,6. Lagi-lagi weekend... rame bener deh.


sebuah kuil


dasar anak TL... udah jauh-jauh masih aja foto-in tempat sampah


salah satu rantai e-waste di Singapore (Mayo Street)

Perjalanan menuju Johor Bahru (Larkin Bus Station) sebenernya bisa ditempuh juga pake bis kuning 'causeway link', naik dari Queen Street (deket Arab Street). Setelah hampir 1 jam, bis belom sampe ke Woodlands check point (perbatasan Singapore). Mana macet banget... bis nya ampe gak jalan. Trus ya... orang-orang di bis banyak yang pada turun dan tergesa-gesa menuju Woodland check point dengan jalan kaki. Gue pun terpengaruh juga untuk ikutan turun dan berjalan kaki menuju woodlands check point.

10 menit kemudian... gue menyesal udah turun dari bis. Hiks hiks hiks... soalnya ternyata gedung woodlands check point nya masih jauh!!! masih 1 km lagi deh kayanya. Kalo jalan kaki biasa aja sih gue kuat dan masih tahan, tapi ini bo.... gue bawa koper dan backpack!!. Hiks hiks hiks, tangan gue ampe kapalan gara2 kejadian 'rusuh di woodlands' ini.

Setelah selesai di cap di imigrasi (woodlands check point), dengan semangat yang membarbar gue mengejar bis no.170 untuk menuju perbatasan malaysia. Gile, saking paniknya takut ketinggalan bis ke KL (abisnya udah jam 11 malem), gue ampe loncatin tuh pager pembatas bis... hohoho... akhirnya selamet sampe bis. Bis sampe juga di Johor, orang-orang pada turun cepet-cepet. Buset deh... disini orang pada gerak cepet semua atau pada kaga sabaran yah?. Gue pun dengan gampangnya terpengaruh untuk turun juga.

Sampe di Malaysia cuma di cap passportnya doang, nggak ada pemeriksaan bagasi (hmm... cukup longgar juga yah pengamanannya). Nah... ini nih yang ajaib... ketika gue keluar dari imigrasi... wow... kok ada pasar malem sih? Loh loh... dimanakah gue berada? Bukankah seharusnya setelah keluar imigrasi gue langsung ketemu sama yang namanya 'Larkin Bus Station'?. Tapi.... kok?!?

Damn!! Gue salah turun, mestinya gue turun sampe terminal bis Larkin (ampe mentok). Tapi gue malah turun di Bandaraya Johor. Mana jam 11 malem lewat, huhuhuhu. Akhirnya setelah nggak jelas juntrungannya (gambling juga, kira-kira masih ada bis ke KL nggak yah?), kita nekad menuju Larkin pake taksi (RM 10).

Alhamdulillah, di Larkin masih ada bis yang ke Kuala Lumpur. Sebenernya bis terakhir ke KL itu jam 12.30 pagi. Tapi yang bikin khawatir, seat nya masih ada nggak?. Thank God we got the ticket, berangkat jam 12.00 dari Larkin (Johor Bahru) menuju Puduraya (Kuala Lumpur). Dan lagi-lagi... gue naek 'Mayang Sari'


Tiket bis mayang sari

1 comment:

Anonymous said...

Wah senasib. Tnyata d sing ga kalah macet sama jakarta.